LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI PENGARUH CAHAYA TERHADAP PERTUMBUHAN  ANDHALIA CHRISTENI AZKA

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI

PENGARUH CAHAYA TERHADAP PERTUMBUHAN

ANDHALIA CHRISTENI

AZKA MUTIA

OLFAH

PHIYA GRACIA TORANG

RIZKA MAULANIE

YAUMIL CHAIRIANI

 

XII IA 1

SMAN 2 PALANGKARAYA

BAB 1

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KECAMBAH

1.I Rumusan masalah :

            Cahaya yang merupakan faktor luar memengaruhi laju pertumbuhan dari kacang merah dan kacang hijau, walau dikatakan mempengaruhi laju pertumbuhan bukan berarti semua pertumbuhan kecambah dari tiap kacang menjadi cepat, semua bergantung lagi pada jenis tumbuhannya. Seperti yang dapat dilihat pada hasil percobaan yang telah kami lakukan selama tujuh hari berturut-turut, kacang merah tumbuh jauh lebih cepat pada tempat yang terang, berbeda dengan kacang hijau yang tumbuh sangat lambat pada tempat terang.

 

1. II. Hipotesis

            Hipotesis yang kami ambil adalah “pada tempat gelap pertumbuhan kecambah lebih cepat daripada di tempat terang”.

Didalam praktikum terdapat variabel yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yaitu:

  1. Variabel bebas: cahaya, suhu, kelembaban, air, dan nutrisi.
  2. Variabel terikat: panjang batang, volume, dan lebar daun
  3.  Variabel kontrol: oksigen dan nutrisi


 

Bab 2

 PELAKSANAAN

2.I Alat dan Bahan

Alat : – 4 gelas plastik bekas air mineral

–  4 gumpal kapas dengan berat yang sama

– Penggaris

– Pipet tetes

– Spidol

Bahan: – 6 biji kacang merah dan hijau

– Air bersih

2.II Langkah Kerja

  1. Merendam biji kacang merah / hijau dengan air bersih sekitar 5 menit
  2. Menyediakan 4 gelas bekas air mineral
  3. Memasukkan segumpal kapas yang telah dibasahi air bersih kedalam setiap gelas
  4. Memberi lebel A untuk 2 gelas yang ditempatkan ditempat terang
  5. Memberi lebel B untuk 2 gelas  yang ditempatkan ditempat gelap
  6. Menyiram biji tersebut (masing-masing 25 tetes) setiap hari selama satu minggu
  7. Mengamati dan mencatat pertumbuhan setiap hari, selalu pada waktu yang sama
  8. Menulis hasil pengamatan dalam tabel pengamatan
  9. Menghitung rata-rata panjang tumbuhan tersebut pada hari ke-7
  10. Membuat grafik pertumbuhan rata-rata kecambah

2.III Pengumpulan Data

Hari

Terang

Gelap

Kacang merah

Kacang Hijau

Kacang merah

Kacang Hijau

1

 1,7 cm

 –

 –

 1,4 cm

2

2,4 cm

 1.3 cm

2 cm

2,7 cm

3

4,7 cm

2,7 cm

2,3 cm

3,9 cm

4

7,5 cm

4,9 cm

2,5 cm

5,7 cm

5

 10,5 cm

7,2 cm

3,7 cm

 7, 2 cm

6

 17,8 cm

 10,8 cm

 5,8 cm

 14,5 cm

7

 23 cm

14 cm

7 cm

17,5 cm

2.IV Analisis Data

 

Dari grafik diatas dapat disimpulkan bahwa kacang merah yang diletakkan ditempat terang memiliki pertumbuhan lebih cepat dari pada kacang merah yang diletakkan ditempat gelap.

Sedangkan kacang hijau yang diletakkan ditempat terang memiliki pertumbuhan yang lebih lambat dari pada kacang hijau yang diletakkan ditempat terang.

 

SOAL DISKUSI

  1. Bagaimana rumusan masalah dan hipotesis tentang pengaruh  faktor luar (cahaya) terhadap pertumbuhan ?
  2. Buatlah grafik pertumbuhan kecambah di tempat terang dan gelap ?
  3. Apakah akibat bila kecambah di simpan di tempat gelap untuk waktu yang lama ?
  4. Kondisi lingkungan bagaimanakah yang dapat memberi pengaruh baik kepada perkecambahan ?
  5. Jelaskan pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan ? apakah pengaruh ini dapat dikendalikan ?
  6. Apakah ada factor lain yang ikut berpengaruh pada percobaan ?
  7. Dari kegiatan percobaan diatas, tentukan mana yang termasuk variable bebas dan variable terikat!
  8. Apakah ada variable lain yang tidak diteliti tetapi mempunyai pengaruh terhadap variable tersebut?
  9. Dari data pertambahan tinggi kecambah, manakah yang lebih cepat, pertambahan tinggi batang di tempat terang atau ditempat gelap?

 

MENJAWAB PERTANYAAN

  1.  Hipotesis yang kami ambil adalah “pada tempat gelap pertumbuhan kecambah lebih cepat daripada di tempat terang”. Dari hipotesis yang kami ambil tentang pengaruh faktor (cahaya) terhadap pertumbuhan berbanding terbalik dengan hasil penelitian yang diperoleh karena hipotesis hanya berlaku pada perkecambahan kacang merah, sedangkan pada perkecambahan kacang hijau hipotesis tidak berlaku.

Rumusan masalah :

Cahaya yang merupakan faktor luar memengaruhi laju pertumbuhan dari kacang merah dan kacang hijau, walau dikatakan mempengaruhi laju pertumbuhan bukan berarti semua pertumbuhan kecambah dari tiap kacang menjadi cepat, semua bergantung lagi pada jenis tumbuhannya. Seperti yang dapat dilihat pada hasil percobaan yang telah kami lakukan selama tujuh hari berturut-turut, kacang merah tumbuh jauh lebih cepat pada tempat yang terang, berbeda dengan kacang hijau yang tumbuh sangat lambat pada tempat terang.

 2. Grafik pertumbuhan kecambah ditempat gelap dan terang

3. Akibatnya Kecambah mengalami pertumbuhan yang cepat, namun dengan kondisi yang pucat, kurus, dan daun tidak mengalami perkembangan yang baik.

4. Kondisi lingkungan yang memberi pengaruh baik kepada perkecambahan adalah kondisi eksternal berupa temperature yang sesuai, cahaya matahari yang cukup untuk membantu proses fotosintesis, air yang tidak kurang dan tidak berlebihan, oksigen dan nutrisi yang cukup, akan membantu pertumbuhan menjadi lebih baik.

5. Cahaya mempengaruhi tumbuhan karena cahaya matahari sangat menentukan proses fotosintesis tumbuhan yang menghasilkan makanan yang menentukan ketersediaan energi untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Menurut kami selama tumbuhan tersebut masih berukuran kecil dapat dipindahkan (masih mudah untuk dipindahkan)

6. Faktor lain yang berpengaruh terhadap percobaan yang kami lakukan adalah factor internal berupa gen dan hormone, karena kami hanya mengamati faktor lingkungan/eksternal pada percobaan tersebut.

7. Variabel bebas dalam percobaan dalam percobaan meliputi cahaya, suhu, kelembaban, dan air. Sedangkan variable terikat dalam percobaan meliputi panjang batang dan lebar daun.

8. Terdapat variable lain yang tidak diteliti namun memiliki pengaruh terhadap variable tersebut, yaitu variable control berupa oksigen dan nutrisi.

9. Dari data pertambahan tinggi kecambah pertambahan tinggi batang kacang merah lebih cepat ditempat terang dibandingkan tempat gelap, sedangkan pertambahan tinggi batang kacang hijau lebih cepat ditempat gelap dibandingkan tempat terang.

 

Nama   : Olfah

Kelas  : XII-IA 1

Tugas               : Fisika

SMAN 2 PALANGKARAYA

  1. Percobaan-percobaan dan nama-nama Tokoh-Tokoh Fisikawan yang mengadakan penelitian tentang Medan Magnetik dan Induksi Magnetik :

–          Pada tahun 1800, ilmuan italia, Alessandro Volta menciptakan batrai pertama. kertas dalam air garam, seng dan tembaga ditempatkan di sisi berlawanan dari kertas, dan mengamati reaksi kimia menghasilkan arus listrik. Volta telah menciptakan sel listrik pertama. Dengan menghubungkan banyak dari sel-sel ini bersama-sama, Volta mampu”string saat ini” dan membuat baterai.

–          Pada tahun 1819, ilmuan Denmark, Hans Christian Oersted mendemonstrasikan bahwa arus listrik dikelilingi oleh medan magnet. Oersted mengamati bahwa magnet jarum yang diletakkan dibawah penghantar yang dialiri arus listrik ternyata menyimpang secara tegak lurus. Penemuan inilah yang mengawali penelitian tentang hubungan listrik dan magnet (elektromagnetika).

–          Andre Marie Ampere ( 1775-1836 ) Amper adalah seorang ilmuwan Prancis serba bisa yang menjadi salah satu pelopor di bidang listrik dinamis (eletrodinamika). Namanya diabadikan sebagai satuan kuat arus listrik. Ampere adalah orang pertama yang mengembangkan alat untuk mengukur besaran-besaran listrik. Selain itu, ia juga orang pertama yangmengamati bahwa dua batang konduktor yang diletakkan berdampingan dan keduanya mengalir arus listrik searah akan saling tarik menarik sedangkan jika berlawanan arah akan saling tolak.

–          Michael Faraday dan (Joseph Henry 17 Desember 1797 – 13 Mei 1878)  tahun 1830 menemukan bahwa medan magnet yangbergerak akan menimbulkan arus listrik induksi. Tahun 1831 Faraday juga menggunakan konsep garis gaya listrik untuk menjelaskan gejala tersebut. Sepotong kawat penghantar yang tak berarus digerakkan memotong garis-garis gaya medan magnet yang adadi sekitar sebatang magnet. Tetapi kawat yang mula-mula tidak berarus tumbul arus listrikwalaupun hanya sesaat. Fenomena ini terjadi juga jika batang magnetnya yang digerakkan. suatu kumparan kawat yang digerakkan memotong garis-garis gaya medan magnet akan timbul gaya gerak listrik induksi di dalam kumparan kawat itu.

  1. Filsofi dari Percobaan Magnetik maupun Induksi Magnetik menurut logika fisika.

–          arus listrik dapat menghasilkan (menginduksi) medan magnet atau  gejala induksi magnet. Peletak dasar konsep ini adalah Oersted,  yang mana dirumuskan secara lengkap oleh Ampere. Gejala induksi magnet dikenal sebagai Hukum Ampere

 

–           medan magnet yang berubah-ubah terhadap waktu dapat menghasilkan (menginduksi)medan listrik dalam bentuk arus listrik. Gejala ini dikenal sebagai gejala induksi elektromagnet. Konsep induksi elektromagnet ditemukan secara eksperimen oleh MichaelFaraday dan dirumuskan secara lengkap oleh Joseph Henry. Hukum induksi elektromagnet sendiri kemudian dikenal sebagai Hukum Faraday-Henry.

 

  1. realita kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan masing-masing percobaan tersebut.

–          Kompas, yang mana sangat membantu dalam kehidupan manusia, yang digunakan sebagai penunjuk arah.

–          Pengagaris yang digesek-gesekan kerambut, dapat menarik potongan-potongan kertas, yang mana pada penggaris tersebut sudah  terdapat listrik.

–          Dinamo atau Generator yakni  mesin yang mengubah tenaga mekanik menjadi tenaga listrik atau biasa disebut sebagai pembangkit tenaga listrik. Cara kerja generator listrik adalah  menggunakan induksi elektromagnet, yaitu dengan memutar suatu kumparan dalam medan magnet sehingga timbul energi induksi. 

 

LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA “INDUKSI MAGNETIK”

LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA

“INDUKSI MAGNETIK”

 

 

 

AZKA MUTIA

ISTIQOMAH

OLFAH

RIZKA MAULANIE

TRI LISANI S

YAUMIL CH

XII IA 1

SMAN 2 PALANGKA RAYA

  1. A.    LATAR BELAKANG

Dalam bidang kelistrikan kita mengenal adanya muatan positif dan muatan negatif. Sedangkan dalam bidang kemagnetan kita mengenal adanya kutub utara dan kutub selatan. Bidang kelistrikan dan bidang kemagnetan memiliki hubungan yang erat. Dalam bidang kelistrikan muatan positif akan saling tolak menolak dengan muatan yang sama jenis, namun akan saling tarik menarik dengan muatan yang berbeda jenis. Sama seperti kelistrikan, dalam kemagnetan, kutub sejenis akan saling tolak menolak. Sedangkan, kutub yang tak sejenis akan saling tarik menarik.
Perbedaan antara magnet dan listrik adalah bahwa dalam kemagnetan, kedua kutub selalu berpasangan. Tak ada magnet dengan hanya memiliki satu kutub saja, pasti memiliki dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan. Berbeda dengan kelistrikan di mana dimungkinkan adanya muatan tunggal, positif atau negatif saja, atau tidak selalu berpasangan.

  1. B.     LANDASAN TEORI

Tokoh fisikawan yang mengemukakan tentang medan magnetik adalah Hans Christian Oersted pada tahun 1980. Oersted menggunakan kawat konduktor yang di letakkan diatas kompas. Jika kawat tersebut dialiri arus listrik dengan arah dari selatan ke utara, maka jarum kompas akan menyimpang ke kiri. Akan tetapi, jika kawat tersebut dialiri arus listrik dengan arah utara ke selatan maka jarum kompas akan menyimpang ke arah kanan.

Dari percobaan tersebut, Oersted mengambil kesimpulan bahwa di sekitar arus listrik terdapat medan magnet atau perpindahan muatan listrik yang menimbulkan medan magnet sehingga dapat mempengaruhi kedudukan magnet jarum, kekuatan medan magnet disekitar arus listrik ini dipengaruhi oleh kuat arus yang mengalir dan jarak terhadap kawat. Berdasarkan percobaan ini pula diketahui bahwa arah arus listrik mempengaruhi arah arus penyimpangan jarum kompas. Hubungan antara arah arus listrik dan arah garis gaya magnet dapat ditentukan dengan kaidah tangan kanan. Kaidah tangan kanan menyatakan bahwa, jika kita menggenggam penghantar sehingga ibu jari kita menunjukkan arah arus maka arah genggaman jari yang lain menunjukkan arah medan magnetik induksi di sekitar penghantar. Sedangkan arah medan magnetik di suatu titik searah dengan garis singgung lingkaran di titik tersebut.

  1. C.    TUJUAN PERCOBAAN
    1. Mengetahui hubungan kelistrikan dan kemagnetan melalui rangkaian
    2. Mencoba dan membuktikan percobaan Hans Christian Oersted
    3. Mengetahui besar simpangan yang terjadi
    4. Menganalisis dan menyimpulkan hasil percobaan
    5. D.    ALAT DAN BAHAN
      1. Kawat konduktor

                                                              i.      Kawat Selenoida. Kawat selenoida yang digunakan dengan panjang pada saat diregangkan adalah 80 cm dan panjang pada saat dililit adalah 12,5 cm dengan banyak lilitan 12 serta diameter kawat selenoid sebesar 2 cm

                                                            ii.      Kawat lurus. Kawat lurus yang digunakan dalam percobaan mempunyai panjang sebesar 14,5 cm

                                                          iii.      Kawat melingkar. Kawat melingkar yang digunakan dengan diameter 14,5 cm dan panjang kawat 80 cm

  1. Alas yang berasal dari strofoam
  2. Kompas
  3. Catu daya
  4. Kabel listrik ±1,5 m
  5. Stop kontak
  6. E.     PROSEDUR PERCOBAAN
 
   

 

 

 

  1. Menyiapkan alas
  2. Menyiapkan masing-masing kawat konduktor (selenoid,lurus dan melingkar)
  3. Merangkai bahan seperti skema percobaan di atas
  4. Pertama, menguji kawat selenoid
  5. Meletakkan kompas di bawah kawat kondukor untuk melihat besar simpangan yang terjadi
  6. Melakukan cara yang sama (langkah d dan e) dengan menggunakan kawat lurus dan kawat melingkar
  7. F.     HASIL PERCOBAAN
    1. Kawat Selenoid

No

Tegangan

Simpangan tertinggi

Simpangan terendah

1

3 v

25°

2

6 v

60°

35°

3

9 v

70°

330° (-30°)

4

12 v

75°

320° (-40°)

  1. Kawat lurus

No

Tegangan

Simpangan tertinggi

Simpangan terendah

1

3 v

70°

60°

2

6 v

80°

10°

3

9 v

80°

300° (-60°)

4

12 v

80°

300° (-60°)

  1. Kawat melingkar

No

Tegangan

Simpangan tertinggi

Simpangan terendah

1

3 v

10°

2

6 v

10°

3

9 v

10°

4

12 v

10°

  1. G.    KESIMPULAN

Percobaan yang dilakukan oleh Hans Christian Oersted ternyata benar adanya setelah kami melakukan prakikum pada tanggal 1 November 2012 kemarin. Dengan praktikum tersebut, kami dapat mengetahui bahwa apabila kawat yang diletakkan diatas kompas yang dialiri arus listrik, maka terjadi penyimpangan sudut kompas.

Selain itu, pada kawat selenoid, besar simpangannya lebih kecil dibandingkan dengan kawat lurus. Hal ini diakibatkan oleh kawat selenoid mempunyai panjang 80 cm sedangkan kawat lurus hanya memiliki panjang 14,5 cm. Besar induksi magnet kawat lurus sebanding dengan kuat arus dan panjang kawat serta berbandiing terbalik dengan kuadrat jaraknya. Sedangkan pada solenoida besarnya sebanding dengan jumlah lilitan kawatnya.

Akan tetapi, kemungkinan terdapat kesalahan percobaan pada saat kami melakukan praktikum, dikarenakan terjadi penyimpangan sudut kompas ke arah minus ketika voltasenya dinaikkan.

Cerpen

                                                       Cinta Putih Abu-abu

Mella yah itulah nama panggilan cewek yang bernama lengkap Pamella indah sari, cewek berkulit sawo matang, tinggi besar, agak tomboy, dan lumayan pintar ini tengah duduk di bangku kelas 1 disalah satu  SMA di Jakarta. Kehidupannya sebenarnya tidak jauh beda dengan anak remaja lainnya yang sering jalan bareng teman-teman, nongkrong bareng, kerja kelompok, ketawa-ketiwi bareng, dll. Hanya saja ada satu hal yang membedakannya dengan remaja lain, yaitu percintaan. Entah apa yang terjadi dengan kisah percintaannya mella hingga sampai sekarang ini ia belum pernah merasakan hal yang namanya cinta seperti teman-teman seusianya. Hal itu juga yang sering membuatnya minder  jika ia harus bergabung dengan teman-temannya.

Mella memang jomblo, tapi bukan berarti dia jomlo sejati yang terus-terusan ingin menyendiri tanpa pasangan yang mendampinginya, mungkin hanya saja ia belum ada waktu untuk mencari yang namanya pacar, memang sih mella bukan tipe wanita yang suka centil di depan laki-laki, dia lebih bersikap dingin dan bisa juga dibilang  jaga image dan kelihatan lebih dewasa di hadapan laki-laki yang ia suka, tapi mella memang orang yang dewasa, cara berpikirnya sudah tidak seperti anak-anak lagi, yang kerjaannya bermanja-manjaan, mella juga bukan tipe orang yang romantis, dan manja, dia lebih bersikap dingin.

          Yah… Besok adalah malam promnitte nya siswa-siswi kelas 3 di sekolahnya, acaranya sih di selenggarakan di sebuah gedung pertemuan umum.

“ Eh mell, ntar temenin gue ke butik ya, gue mau ngebeli  dress.” Ucap Rena, sahabat Mella

“Heh? Kok gue sih, kenapa gak sama cowok lo aja, tuh si Andre.” Sahut Mella

“Ih… Lo ne gimana sih kan gue maunya sama lo, bukan sama Andre.”

“Kok tumben sih lo ngajak gue, biasanya juga lo sama si Andre, jangan-Jangan lo lagi ada masalah ya sama cowok lo? Ayo ngaku.” Desak Mella

“Eng…enggak kok”

“Ya elah lo gak usah bo’ong deh sama gue, Ren kita itu udah sahabatan cukup lama ya mana mungkin gue gak tau sama lo, sama sikap lo yang tiba-tiba berubah kayak gini, gak biasanya tau gak.”

“Iya deh gue ngaku gue lagi ada masalah sama Andre.”

“Tuh kan, masalah apaan sih? Jangan bilang kalau lo udah bosan sama dia.”

“Bukan itu Mell.”Ucap Rena dengan mata yang mulai berair.

“Maksud lo?”

“Andre selingkuh di belakang gue”

“What?, sialan tu Andre mana dia biar gue gebukin tu anak.” Kata Mella, dengan emosi yang meledak-ledak. Mella adalah sahabat yang paling gak tega kalau ngeliat sahabat nya disakitin orang lain apalagi dengan yang namanya cowok. “Yup… Hanya cowok hina lah yang tega menyakiti perasaan cewek.” Itulah kata-kata yang sering terlontar dari mulut Mella.

“ Jangan Mell, biar gue yang nyelesain masalah ini.”

“ Tapi Ren, dia itu harus dapat pelajaran dari gue.

“ Gak perlu.” Cegah Rena

“ Oke deh, tapi ingat ya kalau Andre macam-macam sama lo, lo bilang ke gue.”

“Oke, Thanks Mell lo emang sahabat gue yang paling baik.”

“Iya, sama-sama Ren, sahabat , mana sih yang tega melihat sahabatnya sendiri disakitin.” (saling berpelukan).

          Malam yang ditunggu-tunggu pun tiba, para siswa dan tamu undangan pun telah datang, mereka datang ada yang berpasangan dengan pacar mereka masing-masing, ada juga yang datang dengan sahabat-sahabatnya, dan ada juga yang hanya datang seorang diri.

Para siswa-siswi kelas 3 yang mana sebagai Raja dan Ratu pada malam itu terlihat sangat tampan-tampan, dan cantik-cantik, mereka memakai pakaian yang bertemakan 80’an.

Rasa iri sempat terlintas dibenak Mella, yah bagaimana tidak? Melihat tamu-tamu dan teman-temannya yang lain datang secara berpasang-pasangan, sedangkan dia? Yah tapi itu lah hidup, meski terasa menyenangkan tapi terkadang menyenangkan itu lebih menjerumuskan pada kesengsaraan. Gak percaya? Coba bayangkan, seseorang yang sedang jatuh cinta pasti indah diawal, setelah itu? Jika sepasang kekasih tidak mampu menyesuaikan dan saling melengkapi satu dengan yang lain? Pasti hubungan itu tidak akan bertahan lama, dan ujung-ujungnya? So, pasti patah hati, dan yang lebih parah lagi, orang yang patah hati tidak akan tanggung-tanggung untuk mengakhiri hidupnya dengan cara yang mengenaskan.

Tak jarang hal ini juga yang sering membuat Mella selalu menyalahkan Tuhan, ya. “ kenapa? Kenapa gue gak seperti yang lain ? kenapa mereka bisa ngerasain yang namanya pacaran, sedangkan gue? Tuhan jahat, bukankah manusia diciptakan hidup secara berpasang-pasangan? Tapi gue?”.

Yahh… itulah segelintir kata yang sering diucapkannya tatkala ia sedang sendiri dan merenungi nasibnya. Namun disisi lain Mella juga berpikiran dewasa, “ Mungkin Tuhan punya cara sendiri buat ngasih kebahagiaan itu, tapi gak sekarang, mungkin nanti, suatu saat nanti, karena Mella yakin

T uhan tidak tidur, Tuhan pasti selalu mendengar doa-doa hambanya. Ada sesuatu hal yang lebih indah dibalik ini semua, Mella yakin suatu saat ia pasti akan mendapatkan sesuatu yang jauh lebih baik dibanding yang lain, berkat sebuah kesabaran.

Kembali lagi ke Mella, namun rasa iri itu pun hilang begitu saja ketika ia melihat seorang tamu yang tak lain teman sekolahnya juga datang dan menghampirinya lalu menyapanya.

“ Hay mell, sendiri ?” sapa Enda, cowok yang ditaksir Mella.

“ Hay Nda, menurut kamu ?”

“  Ya gak gitu, kali aja kamu datang sama pacar kamu. Ya kan ?”

“ Heh ? pacar ? ya nggak lah, lo kali yang datang sama pacar lo, gue sih mana ada cowok yang suka sama gue.” (kata Mella, yang sedari tadi tak berani memandang mata Enda)

“ Masa sih gak ada cowok yang naksir sama kamu ?”(kata Enda menggoda Mella)

“  Apa-apaan sih lo? Emangnya kenapa lo ngurusin gue ? suka ? naksir?”

“ Iya” (kata Enda tanpa basa-basi)

“ Heh apa lo bilang ? gue gak salah dengar ?” ( kata Mella, yang kaget setengah mati padahal dia tidak bermaksud demikian )

“ Ya nggak lah, Mell, gue naksir sama lo sejak pertama kita masuk sekolah Mell, masa lo nggak ngerasin hal yang gue rasain sih ?”

( Mella makin di buat bingung dengan pernyataan Enda)

“ Mell, gue serius. Selama ini gue selalu berusaha memberi perhatian lebih ke lo, karena apa ? karena gue sayang sama lo Mell. Gue cinta sama lo. Sudah hampir setahun gue memendam perasaan ini Mell, gue hampir dibuat putus asa dengan sikap kamu yang selalu acuh sama gue, gue hampir putus asa saat lo sering dekat sama temen- temen cowok dikelas, tapi gue selalu berpikiran positif tentang lo, gue yakin lo juga punya perasaan yang sama kayak  gue Mell.” ( kata Enda memantapkan)

“  Gue…gue… “ ( Mella tidak sanggup melanjutkan perkataannnya, dia tidak tau harus berkata apa-apa, Mella merasa bagai kedapatan durian runtuh pada saat ini )

“ Sebenarnya gue udah lama mau ngungkapin hal ini Mell, tapi gue ngerasa belum siap, gue masih harus introspeksi diri. Tapi sekarang gue udah yakin dan mantapin diri .

Mell, lo mau jadi cewek gue ?”

“ sebenarnya gue pengen ngomong jujur kekamu, sebenarnya gue juga suka sama lo, bahkan gue selalu mengikuti gerak-gerik lo,  gue selalu merhatiin lo saat lo lagi diam atau lagi becanda sama teman-teman yang lain tapi… tapi gue malu buat ngungkapin hal ini terlebih dahulu, Nda gue juga sayang sama lo, gue mau jadi cewek lo.”

“ Yang benar Mell ? gue nggak mimpi kan ?, gue gak nyangka mell ternyata cinta gue gak bertepuk sebelah tangan.”

“ Iya Nda kamu gak mimpi kok.”

          Suasana malam yang ramai pun terkalahkan oleh perasaan Mella dan Enda yang jauh lebih ramai, acara malam itu seolah-olah acara mereka berdua.

Yaa, ternyata selama ini ,ella telah salah menilai Tuhan yang dianggapnya tidak sayang kepadanya, tapi malam ini akhirnya Mella pun merasakan hal itu, ditambah lagi orang yang menjadi pacarnya kini adalah orang yang telah lama dia sukai.

          Well ternyata hanya waktu lah yang dapat menjawab semua rencana Tuhan. Sering kali kita meminta kepada Tuhan tetapi sering kali juga Do’a kita tidak dikabulkan oleh Tuhan. Akan tetapi ingatlah Tuhan tidak memberi yang kita INGINKAN akan tetapi Tuhan memberikan apa yang kita BUTUHKAN. Karena dibalik itu semua Tuhan maha tau apa yang lebih kita butuhkan.

So, tetaplah semangat menghadapi dunia ini, jangan mudah putus asa terhadap apa yang ditakdirkan kepada kita tetapi berusahalah terus agar dapat mengubah  segala sesuatu yang susah menjadi lebih mudah.

 

 

 

Roket PVC AIO

Roket yang saya buat bersama teman saya , kami menamakannya ROKET PVC AIO(Andyno,iis,olfah). Baru tadi siang saya beserta Istiqomah dan Andyno melanjutkan pekerjaan membuat roket angin. Walaupun sedang puasa dan sangat merasa haus, tetapi masih tetap bersemangat menbuat roket angin AIO ini . Inilah daftar bahan- bahan untuk membuat roket PVC :

1. Pipa paralon PVC berdiameter 3/4 inci (batang roket)
2. Pipa PVC berdiameter 1/2 inci (peluncur roket)
3. Pipa T
4. Pipa L
5. Amplas
6. Selotip pipa
7. Lem korea
8. Pentil sepeda
9. stopmap plastik yang tebal
10. stopkontak keran
11. penutup pipa
12. gerjaji besi

inilah hasil ROKET PVC :


Cukup sekian penjelasaan saya, semoga dapat bermanfaat bagi teman semua.
Terimakasih buat teman-teman yang telah membantu dan mendukung kami, serta Pak Rudy yang telah memberikan tugas ini, sehingga ilmu saya bertambah dalam pelajaran ini.

Hello world!

Welcome to WordPress.com. After you read this, you should delete and write your own post, with a new title above. Or hit Add New on the left (of the admin dashboard) to start a fresh post.

Here are some suggestions for your first post.

  1. You can find new ideas for what to blog about by reading the Daily Post.
  2. Add PressThis to your browser. It creates a new blog post for you about any interesting  page you read on the web.
  3. Make some changes to this page, and then hit preview on the right. You can alway preview any post or edit you before you share it to the world.