Nama   : Olfah

Kelas  : XII-IA 1

Tugas               : Fisika

SMAN 2 PALANGKARAYA

  1. Percobaan-percobaan dan nama-nama Tokoh-Tokoh Fisikawan yang mengadakan penelitian tentang Medan Magnetik dan Induksi Magnetik :

–          Pada tahun 1800, ilmuan italia, Alessandro Volta menciptakan batrai pertama. kertas dalam air garam, seng dan tembaga ditempatkan di sisi berlawanan dari kertas, dan mengamati reaksi kimia menghasilkan arus listrik. Volta telah menciptakan sel listrik pertama. Dengan menghubungkan banyak dari sel-sel ini bersama-sama, Volta mampu”string saat ini” dan membuat baterai.

–          Pada tahun 1819, ilmuan Denmark, Hans Christian Oersted mendemonstrasikan bahwa arus listrik dikelilingi oleh medan magnet. Oersted mengamati bahwa magnet jarum yang diletakkan dibawah penghantar yang dialiri arus listrik ternyata menyimpang secara tegak lurus. Penemuan inilah yang mengawali penelitian tentang hubungan listrik dan magnet (elektromagnetika).

–          Andre Marie Ampere ( 1775-1836 ) Amper adalah seorang ilmuwan Prancis serba bisa yang menjadi salah satu pelopor di bidang listrik dinamis (eletrodinamika). Namanya diabadikan sebagai satuan kuat arus listrik. Ampere adalah orang pertama yang mengembangkan alat untuk mengukur besaran-besaran listrik. Selain itu, ia juga orang pertama yangmengamati bahwa dua batang konduktor yang diletakkan berdampingan dan keduanya mengalir arus listrik searah akan saling tarik menarik sedangkan jika berlawanan arah akan saling tolak.

–          Michael Faraday dan (Joseph Henry 17 Desember 1797 – 13 Mei 1878)  tahun 1830 menemukan bahwa medan magnet yangbergerak akan menimbulkan arus listrik induksi. Tahun 1831 Faraday juga menggunakan konsep garis gaya listrik untuk menjelaskan gejala tersebut. Sepotong kawat penghantar yang tak berarus digerakkan memotong garis-garis gaya medan magnet yang adadi sekitar sebatang magnet. Tetapi kawat yang mula-mula tidak berarus tumbul arus listrikwalaupun hanya sesaat. Fenomena ini terjadi juga jika batang magnetnya yang digerakkan. suatu kumparan kawat yang digerakkan memotong garis-garis gaya medan magnet akan timbul gaya gerak listrik induksi di dalam kumparan kawat itu.

  1. Filsofi dari Percobaan Magnetik maupun Induksi Magnetik menurut logika fisika.

–          arus listrik dapat menghasilkan (menginduksi) medan magnet atau  gejala induksi magnet. Peletak dasar konsep ini adalah Oersted,  yang mana dirumuskan secara lengkap oleh Ampere. Gejala induksi magnet dikenal sebagai Hukum Ampere

 

–           medan magnet yang berubah-ubah terhadap waktu dapat menghasilkan (menginduksi)medan listrik dalam bentuk arus listrik. Gejala ini dikenal sebagai gejala induksi elektromagnet. Konsep induksi elektromagnet ditemukan secara eksperimen oleh MichaelFaraday dan dirumuskan secara lengkap oleh Joseph Henry. Hukum induksi elektromagnet sendiri kemudian dikenal sebagai Hukum Faraday-Henry.

 

  1. realita kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan masing-masing percobaan tersebut.

–          Kompas, yang mana sangat membantu dalam kehidupan manusia, yang digunakan sebagai penunjuk arah.

–          Pengagaris yang digesek-gesekan kerambut, dapat menarik potongan-potongan kertas, yang mana pada penggaris tersebut sudah  terdapat listrik.

–          Dinamo atau Generator yakni  mesin yang mengubah tenaga mekanik menjadi tenaga listrik atau biasa disebut sebagai pembangkit tenaga listrik. Cara kerja generator listrik adalah  menggunakan induksi elektromagnet, yaitu dengan memutar suatu kumparan dalam medan magnet sehingga timbul energi induksi. 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s